5.16.2008

Htm2Chm - Cara Lain Membuat Ebook


Format ebook alias buku elektronik ada bermacam-macam, selain PDF ada juga format CHM. Format ini merupakan format help untuk berbagai macam software. Sekarang aku akan memperkenalkan program yang bisa mengcompile file (biasanya format html - satu folder penuh) menjadi ebook berformat CHM. Download saja situs kesayanganmu (Download situs?? ga salah tuh, gimana caranya? apa save page as kemudian compile jadi file chm dengan program ini.

Anda, tertarik untuk mencobanya? Ikuti artikel ini seterusnya.

Sebagai langkah awal, download installer program htm2chm di sini. Jalankan file htm2chm.exe untuk menginstallnya. ikuti instruksi yang digunakan. Jika sudah selesai, maka jalankan program tersebut sehingga muncul tampilan sebagai berikut:


untuk memulai membuat file chm, pilih menu compile dengan mengklik ikonnya, sekali saja. maka akan keluar tampilan sebagai berikut:


pilih folder tempat anda menyimpan file situs yang ingin anda buat menjadi ebook, tentukan tempat dimana anda akan menyimpan hasilnya pada bagian output, kemudian klik tombol start. tunggu proses yang sedang berlangsung.


maka, sim salabim, ebook anda sudah siap untuk disajikan ;)
oh, ya selain mengcompile file htm menjadi file chm, program ini juga dapat membuat file htm dari file chm (decompile). fungsi lain dapat anda jelajahi dan coba-coba sendiri. selamat membuat ebook