5.04.2008

Di Manakah 'Ibu Kota' Wi Fi Dunia?


Ilustrasi (comstock)

London - Pemakaian Wi Fi (wireless fidelity) untuk akses internet nirkabel makin populer di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Hal ini seiring makin murahnya harga perangkat pendukung seperti laptop.

Adapun kota London, Inggris, dinobatkan sebagai 'ibu kota' Wi Fi dunia. Pasalnya di wilayah ini, frekuensi pemakaian Wi Fi oleh pengguna adalah yang terbanyak dibandingkan dengan kota manapun di muka bumi.

Penobatan kota London ini berdasarkan laporan terbaru dari iPass, perusahaan layanan internet terkemuka. Untuk peringkat dua dan tiga masing-masing ditempati kota Singapura dan Tokyo, Jepang.

Dikutip detikINET dari BussinesWeek, Senin (17/3/2008), peringkat sepuluh besar negara dengan frekuensi pemakaian Wi Fi terbanyak berturut-turut adalah Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Swiss, Belanda, Perancis, Jepang, Australia, Belgia dan Brazil.

Masih menurut laporan iPass tersebut, sekitar 3/4 penggunaan Wi Fi di seluruh dunia adalah untuk urusan bisnis, dengan 45 persen diantaranya dilakukan di bandara. Adapun penetrasi Wi Fi di berbagai lokasi seperti restoran atau toko buku terus saja meningkat sampai ratusan persen tahun demi tahun.