1.07.2008

Cara menambahkan SEARCH engine dalam BLOG kita

Posting blog memang membuat kita merasa bebas mengapresiasikan pendapat.
Apalagi kalau blog kita tersebut banyak yang mengunjungi, pasti akan ada rasa puas, bangga, dan bahagia.
Tapi, ada satu masalah yang suatu saat akan muncul. Ketika postingan kita semakin banyak (ratusan post), maka akan sangat membingungkan bagi para PENGUNJUNG kita untuk bisa mencari artikel yang mereka inginkan. Sehingga, visitor tersebut "malas" untuk mencari hal tersebut dan memilih "lari" dari blog kita.
Hasilnya?
1. Pengunjung "sedikit" kecewa
2. Pengunjung tidak betah di tempat kita
3. Kita "sedikit" rugi dengan cepat perginya Pengunjung
Truzz, gimana supaya Pengunjung betah di blog kita?. Bagai mana supaya Pengunjung bisa mencari artikel yang mereka inginkan dengan mudah?
Jawabannya adalah : PASANG FASILITAS SEARCH di blog kita.
Saya cuman tahu, ada 2 cara.
1. Gunakan search engine dari google
2. Gunakan script sendiri tuk bikin search engine
Saya pribadi kecewa dengan hasil Script Search dari GOOGLE. Karena ketika saya pasang di blog saya, kemudian saya coba, hasilnya kurang bagus. Cara pemasangan pun rumit, karena harus modifikasi script html BODY BLOG segala. Dan yang jelas, hasilnya tidak sebanding dengan usaha yang saya lakukan. Apa anda juga merasa demikian?
Setelah "telusar-telusur" di dunia maya, kumpulin informasi tentang bagaimana memasang SEARCH ENGINE di blog, akhirnya saya sudah menemukan. Dan telah dipasang di blog ini. Anda bisa coba gunakan fasilitas tersebut. Bila hasilnya anda suka, anda sebaiknya pasang juga fasilitas itu di BLOG anda.
Untuk saat ini, saya hanya tahu bahwa SCRIPT ini bisa digunakan di BLOGGER. Untuk blog lain (wordpress, typad, dll) saya belum bisa memastikan apakah script ini bisa bekerja atau tidak.
Mungkin ada teman2 yang mau dan sudah melakukannya? Mohon saya di beri informasi.
Adapun Script untuk menambahkan Search engine di BLOGGER adalah sebagai berikut.

{p align="left"}
{form id="searchthis" action="http://uyhasoft.blogspot.com/search" style="display:inline;"
method="get"}
{strong}Cari Disini{br/}{/strong}
{input id="b-query" maxlength="255" name="q" size="20" type="text"/}
{input id="b-searchbtn" value="CARI !" type="submit"/}
{/form}{/p}

Yang perlu anda perhatikan adalah :

  1. GANTI setiap tanda "{" dengan "<" , dan tanda "}" dengan ">". Mohon maaf, karena saya tidak bisa langsung memasang tanda "<" dan ">" dalam postingan ini, karena kalau langsung saya PASANG, pasti hasilnya akan kacau ketika saya posting.
  2. Pada script diatas, ada alamat blog saya (berwarna merah), ganti itu dengan alamat blog anda. Harus di ingat, bahwa akhiri alamat blog itu dengan "/search". Jangan sampai hal itu kelupaan, harena nanti hasil yang didapat tidak bagus.
  3. Anda bisa ganti tulisan "Cari Disini" (saya beri warna orange), dengan kata-kata yang anda suka, bisa "cari disini", atau apapun sesuai selera anda.
  4. Anda bisa ganti tulisan "Cari !" (berwarna Biru), dengan tulisan lain. Misal "klik" atau apapun.
  5. Yang perlu anda lakukan adalah masuk ke BLOGGER, kemudian pada window Add Page Element, anda tambahkan Add HTML code. Kemudian anda copy/paste script tersebut, dan anda ganti tanda yang saya maksud diatas. Kemudian anda save.

Gambar dibawah menjelaskan posisi dari "CARI DISINI" pada poin 2, dan "CARI !" pada poin 3.






Untuk Semua Pengunjung!.
Itu saja tips dari saya hari ini. Perlu di ingat bahwa SAYA bukanlah orang yang membuat Script ini, saya hanya searching di internet, dan berbagi info dengan anda2 sekalian.

Kalau ada masalah dengan script ini, anda bisa tinggalkan "comment" di postingan ini, "mungkin" saja, saya bisa bantu.

Uyha,


==================================